7:51 AM
0
Lu pernah gak men, sedang pergi naik motor, terus tiba-tiba jalan didepan tergenang air aliah banjir??
ni gw mw share dikit pengalaman gw bermotor di daerah semarang..
hari kamis kemarin tanggal 3, aku ada jadwal ngajar privat di daerah tlogo sari, jauh sih..tapi aku ikhlas melakukan itu..emang dari dalam jiwa ku ini ternyata suka mengajar..cita-citaku ingin menjadi pengajar guru yang teladan, guru yang ikhlas mengajar demi meraih ridho Allah SWT, aku mw cerita kisahku dulu ya..dulunya aku emang agak pinter, suka mapel fisika dan matematika, dulunya aku bercita-cita ingin menjadi lulusan dari sarjana teknik fisika industri, namun segalanya berubah dikala kelas dua sma..ingin bebas!!! Ingin punya usaha sendiri jadi bisa bebas mw ngapain aja luangin waktu yang banyak untuk keluarga,,Bisa jalan-jalan terus tiap hari sebanyak yang aku pengin,Namun aku juga menyadari sesungguhnya aku belum punya jiwa bisnis dan aku juga orange pemalu, aku gak bisa maksain diriku untuk melakukan hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang besar pebisnis yang sukses.*
Aku kembali aja ya ke topik utama, aku sehabis mengajar privat dari nagliyan lansung menyimpang mengajar di tlogosari. Di perjalanan dari ngaliyan baik-baik saja, namun dipikiranku ada firasat dari tadi siang yang mengganggu banget, temen kos Gin Anjar Tejanugraha
yang meminjam kunci busi, nah pas sebelum berangkat aku dengan sengaja meninggalkan kunci busi tersebut diatas meja. aku jhhanya berpikir nter tidak terjadi apa2, nah tapiu firaasdatku buruk "kalo ntar motorku mati gimana ya??' Berangkat ke ngaliyan normal-normal aja, ada sedikit kendala di sekitar pertigaan banaran, disitu air mampet dan menggenangi jalan, stelah bertoalk dari ngaliyan aku sampailah melewati pasar johar, aku belum tahu bahwa titik pasar johar adalah langganan banjir, aku ikut menerobos karena yang lain juga menerobos,,awalnya cukup mudah menerobos genangan air tersebut.namun ditengah perjalan itu ada mobil dari belakang dan depan yang datangnya bersamaan hingga menghasilkan ombak arus yang besar, dengan seketika motor ku mati, terpakasa nuntun motor, hal ini membikin celanaku basah semua hampir sepaha, aku tuntun motor, namun mobil dari depan membikin arus yang sempet membuatku oleng..dalam hatiku hanya berpikir bahwa ini adalah ujianku, karena aku sudah memutuskan bahwa aku mengajar dengan penuh semangat,, oke motorku mati, aku udah coba berkali2 namun gak hidup2 aku hanya berpikir positif aja, tak lama ada yang menghampiriku, dan menolong aku aku sadar ternyata di semarang ini masih banyak orang yang baik,akhirnya motorku di 'jonke', kata bapak penjual martabak yang menolong aku itu, ni mesinya kemasukan air mas...dan terbukti air banyak banget keluar dari knalpot...setelah itu bpak itu memeriksa busi, dan memanaskanya, itu semua pakai alat bpk tadi, aku hanya melihat tertegun betapa baiknya bpk itu, dari raut mukanya dia iklhas melakukanya, padahal disamping kananya gerobak martabaknya sepi pembeli, aku melihat istrinya yang memandang bpk tadi.. istrinya seolah-olah bicara'mengapa kau mengurusi pengendara asing yang tak kau kenal dan mengabaikan gerobak martabakmu', hai pak sadarkah anakmu dirumah butuh uang untuk sekolah?, Aku hanya terdiam memandangi bpk itu smbil sesekali memandangi sekitar bahwa saat itu banyak motor yang mengalami hal sama seperti motorku..Sejenak orang-orang saling bantu membantu sepenanggungan membenarin motor masing-masing yang mogok..sungguh pemandangan gotong royong yang membuat hati terhenyak. Ramai namun senyap hujan deras yang mengguyur semarang seolah menghentikan sejenak rutinitas sore itu..." Ni dah bisa mas, blayer2 terus aja mas biar businya panas.." aku nurut banyak apa yang dikatakan bpk penjual martabak itu, dia cerita tentang daerah smg emang sering banjir, draenasi yang gak bener jadi penyebab utama seringnya banjir di kota semarang..Sejak tahun 2009 lalu aku menginjakkan kaiku dikota semarang, aku kuliah mengukir masa depan semoga lebih baik kehidupanku kelak.namun saat iotu juga aku memutuskan untuk mandiri, kerjaan sampingan mengajar sempet membuatku lelah dan ingin berhenti, ini juga mengganggu kuliahku, aku lyak mendaptkan prestasi akademik mirip temen2ku yang pinter bidang akademiknya, aku tahu itu sungguh membuat aku kecewa, tapi aku sadar diri juga bapak mensupport aku untuk berusaha mandiri, ya aku berusaha ikhlas aje lah ngejalanin ini.walaupun begitu prestasi ku hanya tertinggal sedikit dari teman2ku yang pintar..
Greeng greeng, sejenak terdengar suara motorku suzuki shogun tahun 2004, yang kubeli dari om ku.. setelah lama lelah, aku melanjutkan perjalanan ke  wolter monginsidi,..aku berkendara pelan , aku menyusuri jalan sempit, lorong-lorong gang perumahan, karena di depan jalan juga dihadang oleh genangan air, tak luipa aku mengucapkan banyak terimaksih pada bpk tersebut, bpk penjual martabak yang takkan aku lupa kebaikkannya,,aku mulai berpikir ternyata inilah hidup, inilah survive, selau ada tantangan hidup, selalu ada kendala, selalu ada hambatan, tapi aku tidak boleh menyerah, aku harus tetap berusaha, berusaha semaksimal yang aku bisa untuk kehidupanku yang lebih baik..Aku harus sukses, aku tidak mau anak2ku besok seperti aku kesulitan untuk membiayasi kuliah, pendidikan anak2ku harus baik, dan artinya aku harus punya rezeki yang barokah, yang melimpah, yang di ridhoi oleh sang Maha Pencipta Alam ini Allah SWT...
Di tengah perjalanan itu motorku mogok lagi, aku bersuaha keras untuk starter tapi gak mau nyala, aku lihat businya aku pas kan klep businya, Alhamdulillah, bisa ya Allah, aku bimbang ingin melanjutkan perjalanan atau pulang, aku gak berani melanjutkan perjalanan karena takut motorku mogok lagi, dan aku gak punya alat sama sekali.,au gsk ingin nanti ada orang-orang jahat yang memanfaatkan motor mogokku..
Bagi luar semarang temen2 yang sering berkendara mutar semarang, sebaiknya memberi perhatiankepada motor temen2, hal2 yang bisa dilakukan untuk antisipasi,musim ujan yang identik banjir,
1.selaulah bawa perlengkapan bermotor, minimal kunci busi, obeng , dan korek api ukuran besar untuk memanasin busi,
2. selaulah bawa 1 busi sebagai cadangan
3. di saat akan melewati jalan yang banjir sebaiknya bertanya2 dulu pada orang lain di sekitar situ apakah banjir nya dalam,
4. perhatikan orang bermotor yang telah melintas sebelum kamu, apakah banyak yang mogok setelah melintas ataukah tidak.
5. kalo terpaksa melintas hindari jalan didepan mobil atau kendaraan roda empat, karena mobil bisa membikin arus air, hingga membuat ombak yang bisa masuk ke mesin melalui knalpot, bahkan juga kalo didepan juga ada persimpangan dengan mobil, bisa membuat motormu oleng..
6. Selau berdoa kepada Allah yang maha kuasa atas segalanya semoga diberi keselamatan..
Amin...
semoga bermanfaat ya..

0 komentar:

Post a Comment