11:31 AM
0
Eksotisnya Goa Kreo Semarang
Goa Kreo yang terletak di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang menyimpan banyak eksotisan tersendiri bagi wisata Semarang. 
Dari pengalaman melihat tayangan TV Wisata Malam yang meliput tentang Semarang akhirnya saya mencoba untuk menengok kembali kawasan wisata Goa Kreo. Yang menarik dari kawasan wisata ini ialah banyaknya kera liar. Kera ini sejak dulu kala sudah berada di kawasan ini dan berkembang biak, namun sepertinya jumlah populasi lebih sedikit dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kreo berasal dari bahasa 'Mangreho', yang artinya pelihara atau jaga. 



Konon dulu kera ini adalah penjaga atau pemelihara Sunan Kalijaga yang beristirahat bertapa saat melaksanakan tugas untuk mencari Kayu Jati untuk pembangunan Masjid Agung Demak. Kayu Jati ini ternyata ada hubungannya dengan salah satu tempat di Kota Semarang yaitu Jatingaleh. Gambar disamping adalah kera yang sedang menunggu pengunjung yang membawa makanan. Biasaya Kera berharap untuk diberi makanan, bisa kacang, pisang, dan buah-buahan. Biasanya kera akan mengejar pengunjung yang membawa makanan. dan menanti sampai makanan pengunjung sampai habis.Namun pada saat akhir pekan dan pengunjung ramai, kera seolah-olah menolak kacang pemberian pengunjung soalnya mereka sudah banyak memakan kacang. Kacang hanya dibau dan kemudian ditinggalkan begitu saja. Mereka lebih mengharapakan pengunjung memberi yang lebih dari kacang. Pisang mungkin yang mereka harapkan.


Sejak tahun 2009, ada sebuah proyek pembangunan waduk Jatibarang guna untuk mengurangi aliran air yang menyebabkan banjir daerah Mangkang. Akhirnya di tahun 2014, potensi wisata Goa Kreo + Waduk Jatibarang menjadi kenyataan. Pemandangannya pun indah nan eksotis, sudah ada genangan air walaupun sedikit. Rencananya bakalan ada wisata air di waduk ini.Mudah mudahan air di waduk Jatibarang ini segera terisi dan bisa mengurangi banjir di Semarang.

Ini saya share sebagian gambar yang berhasil saya ambil. Salah satunya juga ada yang mengambil dari gambar tante saya. Danau ini nantinya akan disediakan jet ski dan berbagai wahana air lainnya. WOW!

0 komentar:

Post a Comment