12:01 AM
0

REFLEKSI DIRI KKN UNNES DESA TANGGERAN KECAMATAN PANINGGARAN 2012
Nama    : ARIS SETIAWAN
NIM       : 4201409054
Prodi     : Pend. Fisika S1

Kata Pengantar
                Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan intrakurikuler yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa S1 Universitas Negeri  Semarang (UNNES). Kuliah Kerja Nyata dimaksudkan sebagai bentuk nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, meliputi pendidikan, penelitian, dam pengabdian kepada masyarakat.
                KKN ditujukan kepada mahasiswa sebagai bentuk pengintregrasian antara kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.Kegiatan KKN menyiapkan mahasiswa untuk menjadi manusia pembangunan dan juga sebagai wujud tanggung jawab perguruan tinggi melalui pengabdian mahasiswa. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu memecahkan masalah pembangunan yang dihadapi masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan dengan tetap memperhatikan lingkungan (konservasi). Hal ini sesuai dengan misi dari Universitas Negeri Semarang sebagai Universitas Konservasi.
                Kegiatan KKN dilaksanakan selama satu setengah bulan lamanya mulai dari tanggal 29 Oktober sampai dengan 12 Desember. Tempat tujuan KKN adalah di Desa Tanggeran Kecamatan Paninggaran Kabpaten Pekalongan.

Refleksi Diri, Pengalaman dan Kegiatan KKN di Desa Tanggeran
               
                Sejak pertama kali berangkat dari kecamatan menuju desa lokasi KKN sudah terlihat pemandangan pegunungan yang hijau dan asri. Telah tergambar bagaimana rasanya untuk menikmati kehidupan di pegunungan yang asri. Bersama pak Sopari, bayan Dukuh Brunyah sambil bercerita disepanjang perjalanan menuju lokasi. Pak Sopari sangat merasa senang dengan kedatangan kami di desanya.
                Tidak butuh lama bagi saya dan teman-teman saya untuk segera observasi. Setelah diterima dirumah Pak Kades kami segera diperkenalkan diri dengan warga sekitar. Saya bersepuluh bersama teman-teman semingu pertama adalah observasi, kita melakukanya dengan berseilaturahmi dengan perangkat-perangkat desa dan juga bersosialisasi membaur dengan warga. Dengan bersosialisasi kita mendapatkan berbagai masukan mengenai program yang paling dibutuhkan di Desa Tanggeran.
                Setelah seminggu saya observasi, saya menemukan ide program yang akan saya jalankan di desa ini, diantaranya program Bimbingan Belajar SD, SMP, dan SMA ; English Course bagi anak SMP ; Fisika FUN ; Easy Math. Saya memilih ide ini karena pada dasarnya saya mahasiswa kependidikan jurusan fisika, jadi saya ingin mengamalkan ilmu saya.
                Program Bimbingan Belajar SD, SMP, dan SMA saya telah disepakati untuk dilaksanakan. Sebagai penanggung jawab program Bimbingan Belajar SD, SMP, SMA saya merencanakan program tersebur dengan baik, mulai menghubungi SD Tanggeran 1 untuk mengadakan Les tambahan pelajaran bagi kelas 4,5, dan 6 pada sore hari hari Selasa dan Kamis jam 2  sampai 3.30. Program ini disambut dengan antusias oleh guru-guru dan kepala sekolah karena sebagian besar murid masih kesulitan dalam berhitung terutama perkalian dan pembagian. Kepala Sekolah meminta kepada Tim KKN agar mengajarkan kembali perkalian dan pembagian.
                Untuk Bimbingan Belajar SMP dan SMA dilaksanakan di rumah warga dan juga di posko, diantaranya dirumah pak Sopari, Pak Mono, Pak Anwar, dll. Les tambahan untuk SMP dan SMA dilakukan secara bergilir dan sesuai jadwal.
                Program-program yang lain diantaranya adalah kerja bakti warga, lomba mewarnai TK, mengecat TK dengan gambar bertema anak-anak, penerangan jalan, plangisasi, kegiatan TPQ, kerajinan Clay, sosialisasi dan pengadaan tempat sampah, posyandu dan pelayanan kesehatan lansia, penanaman pohon, dan gerakan Senam Sehat. Alhamdulilah semua program KKN UNNES Desa Tanggeran 2012 telah terlaksana dengan baik.
                Program kelompok kami juga berjalan dengan baik, bertema POSDAYA Pemanfaatan Pisang sebagai Bahan Makanan Bernilai Jual. Kami memilih ini sebabnya banyak sekali tanaman pisang di Desa Tanggeran sebagian besar hanya dijual dan lainya untuk dibuat pisang goreng. Kami merencanakan untuk membuat Pisang Gulung Cokelat yang bernilai jual. Program ini ditujukan unutk menggerakkan ibu-ibu PKK agar aktif lagi menghidupkan program PKK yang salah satunya memberdayakan ekonomi warga. 
                KKN POSDAYA di Desa Tanggeran memberikan banyak pelajaran dan hikmah bagaimana diantaranya memeberikan pengalaman berharga untuk hidup bermasyarakat, selalu memberikan manfaat dan bantuan kepada orang lain, dan bagaimana saling menghormati, menghargai dan saling bekerjasama antar kelompok. Terimakasih buat teman-teman KKN Riky, Chandra, Dani, Rina, Bagus, Solihah, Eva, Johan, dan Seno. Dan tak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Kades, Bu Kades, Pak Mono, Bu Mono, Pak Sopari dan seluruh perangkat desa yang lain. Semoga pengalaman KKN ini bisa kita gunakan untuk hidup bermasyarakat kelak. J


di kalianget



Ini pas di kalianget, saat itu belum dibangun dan masih natural polos alami


Rumah kepala desa, sebagai tempat tinggal

pas mau dijemput dan KKN usai

Habis mandi di kalianget ini ceritanya

Our ladies

Saat itu juga sempat bermain sepakbola di depan gang masuk dengan anak2 disitu dan juga bermain sepakbola di lapangan pabrik teh dan saat itu sungguh membuat kenanang dan memori yang tak pernah terlupakan. Life must go on men!



0 komentar:

Post a Comment